Senin, 25 Juli 2011

Home » Tips Public Speaking: Teknik Bicara Berstruktur

Tips Public Speaking: Teknik Bicara Berstruktur




Tips Public Speaking: Teknik Bicara Berstruktur

Sering kita diminta untuk presentasi ide atau konsep tapi yang disampaikan malah tidak jelas, ngalor ngidul. Nick Morgan, ahli public speaking punya tips menulis dan berbicara dengan ide/konsep yang jelas. Sebelum bicara, tulis apa yang mau diomongkan. Mulai dengan ide/konsep yang familiar, dikenal audiens dan kita sendiri. Awali pembicaraan dengan hal yang bikin audiens setuju dulu, baru ungkapkan konflik/hal-hal yang bertentangan. Setelah itu tawarkan solusi dari permasalahan yang Anda presentasikan, ditutup dengan konklusi. Saat menulis/berbicara tentang ide, biasakan menjelaskan tentang 'bad news' dulu.
Saat bicara di depan umum, mulailah dengan menjawab pertanyaan "why" alias "mengapa". Audiens anda datang untuk mendengarkan Anda bicara sambil bertanya pada diri mereka sendiri "Kenapa saya harus ada disini?" "Kenapa hal ini penting buat saya?". Kalau anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan "kenapa" itu dalam 3 menit pertama, presentasi Anda menyenangkan penonton karena mereka pasti tidak akan jadi bingung dan Anda akan dipuji. Tidak perlu panjang lebar menjelaskan pertanyaan "why" audiens, cukup singkat saja. Misalnya: "Hari ini saya menjelaskan dan membeberkan rahasia mendapatkan 10.000 ribu pelanggan TV berbayar produk perusahaan kita hanya dalam waktu 2 minggu dengan menggunakan social media,".

Saat bicara pastikan anda beri solusi. Cari tahu apa yang jadi problem audiens anda dan paparkan solusinya.
Kalau Anda punya 30 menit, alokasikan 2 menit untuk memperkenalkan ide atau konsep serta maksud Anda bicara. Lalu 10 menit untuk bicara tentang problem atau inti permasalahannya dan 10 menit untuk solusi. Sisanya 8 menit bisa untuk tanya jawab. Selesai! Anda menggunakan waktu dengan efisien dan efektif.

Awali presentasi dengan sebuah pernyataan untuk menjawab pertanyaan, beri solusi lalu ulangi lagi pernyataan awal untuk penegasan akhir. Itulah kiat-kiat berbicara secara jelas dan terstruktur sehingga tidak ngalor ngilur tidak jelas arah tujuan pembicaraannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar